Konsep dasar pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD

pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD, bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris, grammar bahasa InggrisSeperti yang pernah saya singgung sebelumnya bahwa pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD sangatlah penting sebagai upaya untuk mempersiapkan mereka secara lebih dini dalam menguasai bahasa Inggris. Semakin dini mereka mengenal dan menyukai bahasa asing ini, semakin besar pula kesempatan bagi mereka untuk menguasainya dengan lebih mudah kelak ketika beranjak di bangku pendidikan yang lebih tinggi.

Biasanya seorang anak akan menyukai suatu pelajaran menakala dia memahami dan bisa mengerjakannya dengan mudah.

Nah kali ini saya bukannya mau berbagi tips mengajarkan bahasa Inggris untuk anak SD dengan metode ini atau itu, namun hanya berbagi mengenai konsep apa saja yang perlu diajarkan dan ditekankan supaya anak merasa lebih mudah untuk mengerjakan LKS bahasa Inggris mereka.

# Konsep reading (membaca)
Reading (membaca) text bahasa Inggris setidaknya menjadi langkah awal seorang anak SD untuk mulai menyukai pelajaran bahasa Inggris. Untuk SD yang memiliki guru faq bahasa Inggris, reading bisa menjadi segmen yang menarik bagi siswa SD untuk menirukan keunikan pronunciation dan accent dari guru bahasa Inggrisnya.

# Konsep menerjemahkan (translating) dan menggunakan kamus (dictionary)
Untuk siswa SD di sekolah saya mulai dari kelas 2 saya wajibkan membawa kamus. Tanpa kamus untuk menerjemahkan tidak banyak yang bisa mereka lakukan karena memang saya lihat LKS sekarang banyak reading textnya.

Untuk mempermudah siswa dalam menerjemahkan saya memakai metode menjodohkan (matching). Jadi dalam satu reading text saya cari dan tuliskan kosa kata yang belum mereka kenal saja beserta artinya secara acak dan mereka harus mencarinya di kamus. Untuk tips menggunakan kamus secara cepat dan tepat saya kira sobat semua sudah tahu ya ? hehe.

Metode menerjemahkan dengan matching saya kira cukup efektif juga. Ketika saya menuliskan suatu kosa kata yang sekiranya sudah pernah diterjemahkan sebelumnya, mereka secara spontan tahu dan mengingatkan saya kalau sudah pernah. Dengan demikian dalam satu reading text terkadang hanya ada 5-10 kata saja yang perlu dijodohkan.

# Konsep menggunakan bentuk kalimat tanya (question sentences) dan cara menjawabnya
Ada satu hal yang menarik disini dari pengalaman saya mengajar bahasa Inggris untuk anak SD, Lembar Kerja Siswa (LKS) mereka selalu kosong dan tidak terisi ketika ada reading text berikut pertanyaannya. Parahnya lagi mereka tidak bisa menjawab pertanyaannya bukan saja karena tidak tahu terjemahan textnya, namun lebih karena tidak memahami penggunaan bentuk kalimat tanya dengan baik dan cara menjawabnya.

# Konsep menggunakan to be, auxiliary verb (do/does) dan personal pronoun
Tujuan utama pengetahuan ketiga konsep ini juga tidak muluk – muluk yaitu untuk membantu siswa dalam menerjemahkan text dan kalimat tanya. To be yang paling umum digunakan di tingkat SD yaitu ‘is, am, are’. Siswa harus tahu bahwa ‘is, am, are’ dalam kalimat berarti ‘ada atau adalah’ atau kadang juga tidak usah diartikan, auxiliary verb (do/does) jika jatuh setelah kata tanya maka berarti ‘yang’ atau kadang tidak usah diartikan, dan jika berfungsi sebagai kata kerja maka berarti ‘melakukan/mengerjakan’.

# Konsep adjective phrase (Frase kata sifat)
Adjective phrase dalam reading text juga sering muncul. Contoh : wild animals
Siswa yang belum tahu konsep adjective phrase akan menerjemahkan kalimat ‘wild animals’ apa adanya, yaitu ‘liar binatang’. Padahal seharusnya ‘binatang liar’. Maka dengan ini harus ditegaskan pada siswa bahwa jika hasil terjemahan kalimat mereka terlihat rancu, maka terjemahannya harus dibalik.

Jika siswa SD memahami dengan baik konsep – konsep di atas, insyaAllah mereka akan merasa lebih mudah mengerjakan LKS mereka dan tentu saja jika sudah merasa mudah dan bisa maka akan timbul rasa suka pada pelajaran bahasa Inggris.

Untuk penjelasan mengenai kalimat tanya dan cara menjawabnya, penggunaan to be, auxiliary verb dan personal pronoun insyaAllah akan saya bahas di artikel berikutnya.

Sekian soBat, semoga bermanfaat.
Belajar Bahasa Inggris

28 komentar

M. Alex Joenaedi mengatakan...

Nice artikel mas, layak dicoba, ilmu itu lebih baik diterapkan sedini mungkin, konsep luar biasa.

Indah P mengatakan...

saya setuju banget jika anak SD sudah menguasai konsep dasar bhs inggris, biar ntar di sekolah lanjutan pada jago bhs inggrisnya

Muh Hendrik mengatakan...

@kusuma Ma kasih buat semuanya sudah berkomentar

Miz Tia mengatakan...

iya LKS pake modul ^_^ .

Motamatika mengatakan...

Menurut saya konsep Reading pasti yang sangat lama dikuasai anak-anak karena cara bacanya berbeda dengan bahasa indonesia :D
Makasih pak infonya :)

mas-andes mengatakan...

konsep yang simple tapi cukup membantu nih :D
makasih ya pak..

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

asik nih pak, cocok buat di SD, makasih ya pak

Tiyang Magelang mengatakan...

belajar di sini pak guru

Muh Hendrik mengatakan...

@Motamatika Memang begitu Mas Nur. Tapi kalau sering membaca dan menirukan lama kelamaan mereka bisa, karena kosa kata dalam reading text kebanyakan merupakan kosa kata sehari-hari dan banyak dijumpai kosa kata yang sama dalam reading text yang berbeda

Muh Hendrik mengatakan...

@EKA IKHSANUDIN Sama-sama Pak Eka. Tapi dalam artikel ini sebetulnya masih kurang detail penjelasannya, takut kepanjangan artikel Pak.hehe

Muh Hendrik mengatakan...

@Tiyang Magelang Monggo. Ma kasih Mas sudah mampir

Fazri mengatakan...

tapi bagaimana cara agar kita tidak bosan dengan yang namanya belajar bahasa inggris pak.

budi os 19 mengatakan...

saya juga sama pandangannya seperti mas sundo...nyikapi soal dalam pembacaannya...dan mungkin cara penulisan pun sering kali juga jandi kendala permasalahannya...

namun demikian...setelah mengetahui beberapa langkah yg hrs diambil..melalui tulisan mas hendrik...di harapkan bisa mengatasi hal itu ya mas... :)
#great sir...

acung mengatakan...

berbahasa ingris memang mengasyikan pak. tapi terkadang susahnya itu di rumus dalam penyusunan kalimatnya :).

Anonim mengatakan...

I love this backsounds....may I know that...heheheheh

SAMSURY mengatakan...

ikutan nyimak artikelnya pak Guru

registry kaskus mengatakan...

wah keren nih artikelnya makasih udah di share

mulitania primadara mengatakan...

nice info
please kindly visit my blog
klik di bah ini ^.^
my blog

Edie Ramlie mengatakan...

Betuuuuuuuuuuuuuuulll banget tuh mbak... :)

Edie Ramlie mengatakan...

setuuuuuuuuuujuuu betull,,
biar di indonesia ngomongnya kaya orang2 barat tuh,, hehhe

Amang Berangas mengatakan...

Sekarang jadi tambah mengerti Pak saya.

Mahardika Burhan mengatakan...

Heheheh......., SETUJU

asp.net mengatakan...

betul betul betul banget dah

artiirhamna mengatakan...

konsep yang bagus nih, mungkin bisa saya sarankan kepada guru2 di sekolah :)

artiirhamna mengatakan...

saya belajar bahasa inggris waktu kelas 6 SD, sekarang kurikulum mengajarkan mulai kelas 1 SD bahkan TK atau playgroup udah ada yang ngajarin sedini mungkin :) #bedaZaman

Nur Fadlilatu Solihah mengatakan...

Pendapat ane gan, kita belajar b.inggris juga jangan lupa kita orang okal asli gan, bhineka tunggal ika... meskipun budaya asing kita miliki jangan lupa buday daerah sob... nice...

Obat Sakit mengatakan...

inggris boleh, tapi basa jawa jangan dilupakan mas

choe mengatakan...

Terima kasih kunjungannya, ket4ku, Salam smoga sehat dan selalu sukses, panjang umur, murah rezeki, dan ... semuanya deh

Poskan Komentar

Comments in English would be preferred